Membuat Sekam Bakar Sendiri

Hidroponiksaja - Salah satu media tanam dalam sistem hidroponik selain rockwoll adalah arang sekam. Media tanam alternatif ini memungkinkan untuk diaplikasikan ke tanaman sistem hidroponik karena tidak semua daerah dapat dengan mudah mendapatkan rockwoll, Walaupun tersedia di online namun saat ini orang sedang mengeluhkan ongkir yang selangit sehingga dalam prakteknya tidak efisien. Selain itu, alasan lain dari pemilihan arang sekam sebagai media tanam karena arang sekam bakar mampu berperan sebagai absorban yang berfungsi menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya serta pH yang cenderung netral, sehingga bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya. Sifatnya yang ringat dan mudah dibersihkan dari sampah membuat arang sekam banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan sebagai media tanam tanaman hias, semaian bibit tanaman maupun aplikasi ke hidroponik. Jika anda butuh arang sekam bakar dalam jumlah yang kecil, saran saya sebaiknya anda beli saja. Tetapi jika anda membutuhkan dalam jumlah yang banyak dan rutin pemakainnya, membuat sendiri mungkin lebih baik sekaligus dapat memangkas biaya operasional. Berikut ini cara membuat arang sekam bakar sendiri dengan mudah, sederhana dan praktis.

Ilustrasi


Cara Membuat Arang Sekam Bakar

Alat dan Bahan-bahan:

  1. sekam padi
  2. pipa pembakaran (bisa dibuat dari bahan seng plat)
  3. koran bekas/kardus bekas
  4. korek api
  5. oli bekas
  6. alat siraman air
  7. air
  8. sekop
  9. karung
Cara membuat alat pembakaran sekam:

Siapkan seng plat berukuran 100 x 55 x 2 cm. Lebih tebal tak apa-apa yang penting tahan panas.
Plat seng dibulatkan sehingga membentuk silinder bolong sepanjang 1 m dengan diameter 17 cm.
Lubangi semua bagian sisi pipa untuk menjadi ventilasi udara api sehingga tidak mudah padam dan bisa membakar tumpukan sekam dari bagian dalam tepat di tengah-tengah.
Buat lubang dengan jarak masing-masing 3 cm dengan paku hingga membentuk lubang 5 mm.
Proses pelubangan ini dilakukan sebelum seng dibentuk menjadi silinder.
Bagian yang tajam pada lubang harus mengarah keluar.
Rekatkan kedua ujung seng dengan memberi pengunci menyerupai staples (kawat dililit) sehingga membentuk pipa silinder yang stabil dan dapat ditegakkan.

Cara membuat arang sekam bakar:

Letakkan alat pembakar jauh dari perumahan karena proses pembakaran menghasilkan asap yang tebal.
Alas alat pembakar dengan lantai keras yang tahan panas.
Buat tumpukan sekam mengelilingi alat pembakar tadi sehingga pipa berdiri tegak dan berada di tengah-tengah tumpukan sekam.
Masukkan koran / kardus bekas ke dalam alat pembakar.
Tuang sedikit oli bekas untuk memudahkan pembakaran.
Hidupkan api dan tunggu 20-30 menit hingga puncak tumpukan sekam mulai menghitam.
Naikkan sekam yang masih berwarna coklat di pinggir-pinggirnya menggunakan sekop.
Lakukan secara berulang sampai semua sekam padi menghitam sempurna.
Setelah semua sekam sudah hitam, siram dengan air hingga rata. Ini untuk menghentikan pembakaran agar sekam tak menjadi debu.
Jemur hingga arang sekam kering.

Itulah cara membuat arang sekam bakar praktis dan sederhana yang bisa anda coba sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan arang sekam untuk media tanam tanaman hias dan obat di pekarangan rumah anda. Baca juga cara membuat cocopeat sebagai media tanam. Jika anda tak ingin membuat arang sekam bakar sendiri, anda bisa membeli di pasar dengan kisaran harga Rp 1.000 / kg. Memang terlihat murah kalau anda hanya perlu 10 kg, kalau 1000 kg pasti lumayan juga untuk membelinya. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel