Sistem hidroponik paling muraah sedunia bagi pemula

Hidroponiksaja - Telah banyak rujukan yang dapat digunakan oleh para pemula untuk memulai bercocok tanaman dengan sistem hidroponik. Saran saya bisa sering browsing di internet atau nonton youtube supaya lebih teknis melihatnya. ketik saja kata kunci "hidroponik", "bercocok tanam secara hidroponik" maka akan muncul semua yang anda perlukan. Walaupun demikian, pada artikel kali ini saya tetap mengulas sedikit tentang apa yang perlu anda persiapkan ketika memulai berhidroponik dan saya berikan alternatif sampai yang paling termurah sedunia.

Hidroponik sederhana dari bahan bekas (sistem sumbu/wick)

Sebagai awal, saya ingin menyampaikan satu hal tentang anggapan bahwa menanam sayuran secara hidroponik itu kesannya mahal, karena harus beli ini dan itu. ok-lah saya tidak bisa pungkiri itu. Namun sebagai pencerahan bahwa untuk langkah awal memang demikian adanya. sebagai contoh untuk instalasi hidroponik mini 2 lonjor pipa ukuran 2'5 inchi, -+ 40 lubang tanam, pompa akuarium, rockwol, bibit dan nutrisi dan kebutuhan lainnya bisa habis sekitar 400-500 ribu. biaya tersebut jika anda kerjakan sendiri, bagaimana kalau pakai jasa orang? anda akan nambah budget lagi lumayan kan? tetapi itu hanya sekali di awal saja. Selanjutnya anda tinggal menggunakannya berulang kali. Biaya rutin yang mungkin dikeluarkan adalah biaya nutrisi, bibit, dan rockwol. Tetapi itupun tidak setiap saat karena ketiga komponen tersebut dalam sekali beli dapat digunakan untuk beberapa kali masa tanam/panen.

Namun jika penjelasan di atas anda masih terasa berat juga dari sisi biaya/anggaran untuk memulai, maka saya dapat tawarkan cara yang lebih sederhana yaitu dengan sistem sumbu menggunakan bahan-bahan bekas. apakah ini mengeluarkan biaya? jawabannya sudah pasti, minimal biaya untuk membeli nutrisi dan bibit. jika anda tidak mau repot, Instalasi dengan sistem wick ini dapat anda pesan melalui jual beli online. berikut beberapa contoh harga instalasi mini sistem wick di bukalapak berkisar antara 118ribu-300ribuan.

Saya pikir dengan harga seperti itu sudah cukup realistis karena anda sudah mendapatkan semuanya, anda tinggal memulai untuk praktek di rumah. Tetapi jika sekiranya anda masih sayang dengan uang sebesar itu, maka anda bisa melakukannya lebih murah lagi dengan syarat beberapa peralatan/bahan harus anda "mulung" sendiri. Perhatikan gambar berikut ini ketika saya memulai pertama kali dalam dunia perhidroponikan.

Hidroponik sistem sumbu (wick) menggunakan barang bekas


Anda bisa bayangkan dengan melihat gambar ini?. Anda mungkin sudah tidak sabar ingin tahu apa saja yang dibutuhkan dengan sistem seperti digambar. baiklah saya bocorkan:
  1. Sterofoam wadah anggur (15 lubang tanam) harga 5 - 10 ribu). jika anda punya kenalan penjual buah maka bisa "GRATIS" untuk item 1. karena atas bawah permukaan sterofoam tersebut bolong-bolong, maka bagian bawa dilapisi dengan plastik sampah atau plastik apa saja yang tersedia dirumah asalkan tidak bocor. 
  2. Netpot dari gelas plastik (disesuaikan lubang standar netpot diameter 4-5 cm) sarannya bisa "mulung" gelas plastik "Teh gelas" atau sejenisnya. Kalau seperti di gambar kebesaran dikit, makanya saya potong atasnya. item 2 ini juga "Gratis".
  3. Nutrisi ABmix, beli paketan mini (pekatan 500ml) harganya 20rb. 
  4. bibit sawi pakcoy (merek panah merah satu bungkus 20rb) itu bisa anda semai berkali-kali karena saking banyaknya. tetapi biasanya ada yang repacking yang dijual eceran @ 5rb. itupun juga bisa dipakai semaian berkali-kali.
  5. kain flanel untuk sumbu (ukuran 20x20) harga 2 rb. itu sudah lebih dari cukup untuk sumbu 15 lubang tanam.  
  6. Jika ditotal, biaya yang anda keluarkan berkisar antara 25rb - 32 ribu.
  7. Anda sudah siap praktek berhidroponik dan menghasilkan sayur kualitas premium. 
Murahkan khan? Itu nyata dan bukan HOAKs. Saya sudah melakukannya. Jadi dengan membaca artikel singkat ini, anda yang niat untuk berhidroponik tidak ada alasan untuk tidak memulai. Semoga menginspirasi.


 


       

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel