Baca Juga


Hidroponik Deep flow system || doc. pribadi
Hidroponiksaja - Mungkin ada yg pernah bertanya, "Mengapa tanaman bisa hidup meskipun tidak ditanam di tanah?"

Jawabannya adalah, "Kadang-kadang media tanam (tanah) bukan merupakan 'kebutuhan dasar' untuk pertumbuhan/kehidupan tanaman, dan seringkali berfungsi sebagai alat penyokong mekanis tegaknya/berdirinya tanaman saja. Contoh ekstrem adalah sistem aeroponik yg dapat tumbuh sempurna dengan tidak menggunakan tanah atau media tanam inert lainnya".

Lalu, apakah kebutuhan dasar untuk pertumbuhan tanaman?

Hidroponikers, setidaknya ada 4 KEBUTUHAN DASAR yg dibutuhkan tanaman untuk bisa tumbuh dan menghasilkan (bisa dilihat pada gambar)
Kebutuhan tanaman untuk tetap hidup/tumbuh

  1. Sinar matahari yg digunakan tanaman utk berfotosintesis dan menghasilkan energi untuk proses metabolisme. Tanaman akan menyerap panjang gelombang tertentu dari sinar matahari untuk proses fotosintesis seperti warna merah, biru dan orange
  2. Air (H2O) yg berguna utk melarutkan nutrisi sehingga bisa diserap akar dan untuk transpirasi tanaman serta proses metabolisme lainnya di dalam tubuh tanaman
  3. CO2 dan O2 yg masing-masing digunakan tanaman untuk proses fotosintesis dan respirasi tanaman.
  4. Nutrisi atau "makanan" yg diperlukan dalam proses metabolisme tanaman. Ketersediaan nutrisi bagi tanaman diberikan dalam bentuk pupuk yg jumlah dan jenis unsurnya harus sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tingkat serapan nutrisi oleh tanaman juga dipengaruhi oleh pH larutan nutrisi

Faktor lain yg seringkali juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah faktor "lingkungan", baik itu makro (cuaca global) maupun mikro (kondisi iklim di sekitar tanaman) yaitu:
  1. Suhu. Ada banyak jenis tanaman yg karena faktor genetiknya tidak bisa tumbuh di daerah panas (cepat bolting dll). Pun demikian dengan suhu larutan nutrisi yg berpengaruh langsung terhadap ketersediaan O2 bagi akar.
  2. Kelembaban. Seringkali berpengaruh terhadap aktifitas transpirasi tanaman dan mempengaruhi penyerapan unsur nutrisi tertentu seperti misalnya unsur Ca (Calcium).

Sementara itu dulu, tambahan informasi lainnya terkait kebutuhan tanaman untuk tumbuh akan terus diupdate

Post a Comment

 
Hidroponiksaja © 2018. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top